[Student Speak Up 10] Ngga bakal repot bolak-balik port USB | USB 3.1

USB 3.1 Disiapkan Bisa “Bolak-balik”

Pengguna gadget pasti pernah mengalami kabel colokan micro/mini USB yang tak bisa ditancapkan karena orientasinya terbalik. Setelah diputar kepalanya, barulah konektor kabel yang bersangkutan mau terpasang.

Nah, masalah semacam ini tak akan ditemui lagi pada revisi konektor USB berikutnya, yang disebut dengan “Type-C”. Seperti konektor Lightning besutan Apple, konektor USB ini bisa bebas ditancapkan secara “bolak-balik” tanpa harus mengikuti orientasi tertentu. Dikutip dari The Verge, Kamis (5/12/2013), Type C merupakan tambahan dari spesifikasi USB 3.1 yang rencananya akan difinalisasi pada pertengahan 2014. Gambar konektornya belum ada, tapi ukurannya disebutkan akan mirip dengan USB Micro-B. Selain lebih mudah dipakai, USB Type-C juga memiliki manfaat lain. “Konektor Type-C bakal memungkinkan terciptanya perangkat-perangkat yang lebih tipis, mulai dari ponsel, tablet, 2-in-1, laptop, hinga desktop,” ujar Wakil Presiden Grup Platform Engineering Intel. Alex Peleg, dalam keterangan tertulis dari USB 3.0 Promoter Group.

Peleg turut menambahkan bahwa USB Type C ini dicanangkan bakal menjadi satu-satunya tipe konektor yang dibutuhkan untuk semua jenis perangkat. Sebagai standar baru, konektor USB baru ini tidak kompetibel dengan port USB lama. USB 3.0 Promoter Group juga perlu menyiapkan spesifikasi adapter dan kabel agar charger USB yang beredar sekarang tetap bisa dipakai dengan USB Type C.


[box type=”shadow”]Link Sumber berita[/box]

ledyMenurut Kak Ledy Elsera Astrianty, dengan adanya USB 3.1 ini kelak akan semakin membantu dan memudahkan para pengguna. Pada USB 2.0 perlu memperhatikan slot perangkat yang akan dicolokkan apakah sudah cocok dan sesuai dengan USB tersebut. Kadang ada seseorang pada saat hendak mencolokkan perangkat tidak memperhatikan hal tersebut dan terjadi kerusakan perangkat ataupun USB karena terlalu dipaksakan pada saat mencolokkan. Hal itu terjadi karena posisi slot perangkat terbalik.

Ketika USB 3.1 diluncurkan peminat USB 3.1 menurut saya akan banyak dan sangat menyambut peluncurnya karena banyak kelebihan yang dihadirkan oleh USB tersebut. Yaitu berkaitan dari berita ini disebutkan bahwa USB 3.1 bisa bebas ditancapkan alias bolak-balik. Namun hadirnya USB 3.1 ini kelak akan menjadi masalah bagi perusahaan-perusahaan seperti Intel  AMD dan ASUS sekarang harus membangun baru chipset USB 3.1 agar USB 3.1 bisa digunakan. Karena USB 3.1 devices tidak kompatibel dengan port USB 2.0, dan sebaliknya USB 2.0 devices tetap bisa ditancapkan pada port USB 3.1 tetapi kecapatan data transfer dari USB 3.1 tidak dapat berjalan secara optimal. Pada intinya jika laptop, komputer mempunyai atau diganti portnya dengan USB 3.1 akan menghadirkan keuntungan baru. Pertama perangkat yang akan ditancapkan bisa dibolak-nalik, kemudian kedua perangkat lama dengan USB 2.0 tetap bisa ditancapkan pada port USB 3.1 ini. Keuntungan lainnya USB 3.1 mempunyai kecepatan data transfer yang lebih dibandingkan dengan USB 3.0, padahal USB 3.0 saja mempunyai kecepatan data transfer 10 kali lebih cepat dari USB 2.0 dan mempunyai kemampuan full duplex. Bisa dibayangkan kelebihan dari USB 3.1 tersebut kelak akan menghadirkan kejutan baru bagi kehidupan teknologi.

Speaker : Ka Ledy Elsera Astrianty

Team Redaksi : Ka Ridwan Riyanto  dkk

One thought on “[Student Speak Up 10] Ngga bakal repot bolak-balik port USB | USB 3.1

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *