[Student Speak Up 11] Nokia Normandy | Ponsel Nokia Berbasis Android?

Android, siapa tak kenal dengan sistem operasi mobile populer milik Google ini? Dari ponsel berharga ratusan ribu hingga tablet jutaan rupiah memakai sistem operasi ini. Tak ketinggalan juga vendor ponsel sejuta umat, Nokia yang kabarnya kini tengah mempersiapkan ponsel Android miliknya yang mengusung nama Nokia Normandy.

Kabar terbaru yang beredar, vendor ponsel asal Finlandia ini mengusung Normandy sebagai alternatif pilihan produk mereka selain ponsel berbasis Windows Phone yang selama ini menjadi platform andalan mereka. Dari foto yang diunggah di twitter oleh akun @evleaks menunjukkan bahwa Normandy bakal menjadi pendamping platform Asha di pasar mid-end.

Menurut Kak Fahri Atala, StudentSpeaker kita kali ini, dari sisi fasilitas dan kemampuannya diyakini bahwa Nokia Normandy akan mampu menandingi ponsel Android lain yang sudah lebih dulu beredar luas di pasaran. Tetapi dari sisi penjualan, dan juga ketertarikan dari konsumen,  saya pikir Nokia Normandy akan mengalami banyak kesulitan saat awal-awal peluncurannya nanti. Karena seperti yang kita ketahui,  sudah banyak ponsel dengan basis Android yang sudah lebih dulu dikenal masyarakat luas, baik karena ketenaran merk mereka, ataupun karena sudah dikenalnya kecanggihan pada ponsel dengan basis Android tersebut, seperti Samsung dan Sony.

“Secara pribadi, saya cukup tertarik dengan ponsel Android keluaran Nokia ini. Jika pada produk-produk sebelumnya telah banyak yang merasakan bagaimana Operating system Java dan Windows Phone bekerja pada ponsel Nokia, tentunya ponsel dengan basis Android ini akan memberikan pengalaman tersendiri bagi para penggunanya, terutama para pecinta vendor asal Finlandia ini”, tuturnya.

Namun hal yang perlu disoroti dari isu ini adalah apakah Microsoft selaku pemilik baru Nokia membiarkan hal itu terjadi? Seperti kita tahu bahwa Microsoft kini sedang dalam proses mengakuisisi perusahaan ponsel yang mengusung tagline “Connecting People” ini.

“Menurut saya Nokia lebih baik untuk terus mengembangkan produk Windows Phone nya, apalagi dalam waktu dekat Nokia akan diakuisisi oleh Microsoft. Dengan begitu, mereka mampu menciptakan sebuah produk canggih yang berbeda dengan produk lain di pasaran. Selain itu,  jika Nokia terus mengembangkan Windows Phone nya, secara otomatis para penikmat dan juga para penggila Windows, akan selalu menolehkan wajahnya ke ponsel Nokia ini, dan tidak akan mencoba berpindah hati ke ponsel lain”, saran Fahri.

Dan meskipun ini baru sebatas isu, kebenaran berita ini tetap wajib untuk dinantikan. Apakah ini akan menguntungkan? Atau bakal menjadi seperti One Hit Wonder saja? So, Let just take a look!

Link berita: http://tekno.kompas.com/read/2013/12/11/0916271/Inikah.Ponsel.Android.Nokia

Team Redaksi : Kak Dewi Arita

3 thoughts on “[Student Speak Up 11] Nokia Normandy | Ponsel Nokia Berbasis Android?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *