Kreasikan Motivasi lewat Video dan Poster

                Dalam upayanya menggugah dan meningkatkan kualitas dan tatanan hidup yang lebih berkualitas, HIMATIKA UTY bersama dengan Platinum Internet Café dan BNNP DIY menyelenggarakan Video & Poster Competition pada tanggal tanggal 21 Desember 2013-16 Januari 2014. Dengan mengambil garis besar tema Motivation for a Great Life, ini diharapkan nantinya akan didapat pengaruh yang benar-benar menempel secara adaptif.

                Kompetisi ini merupakan salah satu upaya HIMATIKA dalam meningkatkan kompetensi masyarakat dalam berbagi motivasi dalam media yang berbeda yakni video dan poster.

Awalnya, agenda pendaftaran yang ditutup tanggal 10 Januari 2014 pun diundur sampai 12 Januari 2014 mengingat antusias peserta yang masih besar. Sedangkan pengiriman karya oleh peserta dilakukan sampai tanggal 16 Januari dan pengumuman pemenang tanggal 18 Januari. Rangkaian acara Video & Poster Competition tak berhenti disitu saja. Pada hari Minggu tanggal 19 Januari 2014 bertempat di Ruang Sidang Lantai 3 Kampus 1 UTY, HIMATIKA menghadirkan Seminar Video dan Motivasi bersamaan dengan penyerahan hadiah bagi para pemenang Poster & Video Competition.

Seminar yang diikuti oleh para peserta Poster & Video Competition ini menghadirkan dua pembicara yang juga menjadi tim juri lomba yakni Bob Maulana (Produser Lotus Cinema) dari sisi karya videonya dan juga Adi Winarso (Master Trainer Orbit Indonesia) untuk segi motivasinya.

12 video terpilih dan 10 besar peringkat untuk kategori poster dari para peserta lomba juga ditampilkan dalam seminar ini. Sesi seminar yang pertama diisi oleh Bob Maulana dengan berbagi cerita tentang pengalamannya sebagai produser dan pemenang Lomba Video Kreatif Rakyat 2013 berikut dengan tips and trick memproduksi sebuah video yang tidak hanya bagus secara durasi cerita namun tetap mengusung keefektifan cerita dan kualitas seni yang mumpuni serta tidak ketinggalan mempu menarik potensi ekonomi di dalamnya. Setelah itu, para peserta dijamu dengan jajanan khas mahasiswa yaitu Soto Kudus dan Batagor lengkap dengan gerobak dan pemandangan indah ala Kampus 1 UTY membuat suasana  seminar jadi semakin unik.

Sesi kedua seminar oleh Adi Winarso menghidupkan kembali suasana yang sebelumnya terpotong. Dalam seminarnya, Kak Adi juga menyinggung tentang betapa sebuah ilustrasi (gambar) mampu mewakili rangkaian ide dan makna yang tak bisa dipandang sebelah mata. Seperti sepenggal quote yang disampaikannya, “Sadarkah kita kalau ketika kita melihat, mendengar, dan merasakan diolah dengan otak kita deng an gambar. Simpan gambar terbaik Anda karena itu adalah awal dari sebuah ide yang brilian.”

Dan yang paling ditunggu di acara ini tentu saja penyerahan hadiah kepada para pemenang Poster & Video Competition yang secara simbolis dilakukan oleh Tim Juri.

“Sungguh sebuah acara yang dikemas secara berbeda dan out of mainstream dari lomba hingga seminarnya. Semoga dengan kemenangan ini, kami bisa memotivasi diri dan berbagi motivasi melalui sebuah karya yang lebih baik lagi”, begitu kata Helmi Nur Rasyid (Peserta Seminar – Juara Umum Kategori Video).

Rasanya, semua ini tak akan terlaksana dengan baik tanpa dukungan dari semua pihak. Dan semoga motivasi yang disampaikan tidak hanya membekas sesaat. Seperti penuturan Yayan Adipraja selaku Ketua Panita, “Semoga semua panitia dan peserta bisa berkarya lebih baik dan dapat lebih menata hidupnya serta tak lupa untuk selalu berbagi motivasi dengan media apapun”.

If there’s a will to change, it’s better starts from yourself. Let’s quality up your world w/ HIMATIKA!

One thought on “Kreasikan Motivasi lewat Video dan Poster

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *