[Student Speak Up 13] 2014 Tahunnya Smartwatch ?

Saat Samsung meluncurkan Galaxy Gear tahun lalu, tidak banyak penggila gadget yang menyatakan tertarik dengan keberadaan jam tangan pintar itu. Namun, analis menilai nasib smartwacth tahun ini akan lebih baik. Berdasarkan analis strategi pemasaran dari IDC, 2014 akan jadi tahunnya smartwatch.

“Berdasarkan data dari Wearable Device Ecosystem (WDE), penjualan global smartwatch akan tumbuh hingga lebih dari 500 persen pada tahun 2014,” bunyi pernyataan IDC.

Mereka berani memprediksi kalau perusahaan teknologi besar, seperti Samsung, Apple, Sony, Microsoft, Qualccomm, dan Google, akan menguatkan pasaran secara signifikan tahun depan untuk produk jam tangan itu. “Pengembang dari Amerika, Eropa Barat, Cina, dan Asia akan membawa penjualan smartwatch menjadi lebih besar.”

smart

Analis menilai, smartwatch yang ada sekarang sudah cukup baik dan semua memiliki fitur yang seragam. Mulai dari kemampuan untuk pengingat panggilan telepon dan pesan masuk, menampilkan waktu, sebagai aksesori yang portable, dan lainnya. Namun, pada tahun depan, analis memprediksi akan ada lebih banyak fitur dan jenis smartwatch yang bisa jadi pilihan pelanggan.

Bakal meningkatnya penjualan smartwatch juga dinyatakan seorang konsultan teknologi di Amerika Serikat, Tim Bajarin. Ia menilai, selain produk smartwatch akan semakin banyak, produsen juga mulai mempertimbangkan jam tangan pintar untuk kesehatan.

 Sumber

dani

Apasih Komentar dari kak Dani tentang smartwatch ini?

Diantaranya yang sudah meluncurkan Smartwatch yaitu Sony dengan Smartwatch pertama mereka dan Samsung dengan Galaxy Gear-nya. Kedua perangkat ini menawarkan fitur yang tidak jauh berbeda. Keduanya dapat menampilkan pesan teks, panggilan, dan juga e-mail yang masuk ke ponsel pintar. Kemudahan dlm berkomunikasi yang digabungkan dengan gaya fashionable dalam smartwatch ini menjadi terlihat elegan bagi si pemakai. Nah dengan adanya smartwatch ini secara global dapat mengubah trend berkomunikasi kita. Dengan menusung konsep wearable, smartwatch ini siap menjadi trend center di tahun 2014 dengan fitur-fitur dan desain yang menarik.

Banyak orang memprediksi bahwa kemunculan smartwatch ini akan laku keras di pasaran. Tentunya yang menjadi sasaran pasar mereka adalah negara-negara seperti Amerika, Eropa, China dan beberapa negara berkembang lainnya di Asia. Di lihat dari target mereka, negara-negara tersebut merupakan negara yang populasi penduduknya banyak dan juga masyarakatnya memang menggandrungi gadget-gadget terbaru dengan fitur-fitur canggih yang ditawarkan dari masing-masing produsen. Jika kemunculan smartphone saja bisa laku keras di pasaran, maka tidak menutup kemungkinan trend smartwatch ini bisa menyaingi trend smartphone. Yang pasti masing-masing produsen akan memberikan fitur-fitur unggulan mereka ke dalam smartwatch mereka untuk menarik banyak konsumen dan akan di pasarkan dalam jumlah banyak ke seluruh dunia.

Saat ini fitur dasar dari smartwatch yakni sebagai alert atau pengingat jika ada pemberitahuan baik di sms, telepon, facebook, e-mail, twitter dan juga mengandalkan sistem operasi Android di dalamnya. Untuk kedepannya diharapkan smartwatch tersebut memiliki fitur pelengkap lainnya, seperti casing anti air, teknologi layar Super Amolet atau yang diatasnya sehingga dalam terik cahaya matahari pun tidak mengganggu pandangan kita terhadap layar smartwatch, GPS untuk mempermudah kita mencari lokasi dimana kita berada atau mencari tempat tujuan kemana kita akan pergi, sistem charging dengan memanfaatkan panas matahari sehingga kita tidak perlu repot-repot untuk membawa charger smart watch, menggunakan teknologi baterai yang super irit, penambahan fitur yang berbasis untuk kesehatan pun perlu seperti pengitung denyut nadi, penghitung kadar glukosa, dsb. Meskipun beberapa fitur tersebut sudah digunakan dalam smart watch merk lain, akan lebih baik jika fitur tersebut menyebar secara merata ke setiap produk smart watch nantinya.

Jika produsen smartwatch meluncurkan smartwatch untuk kesehatan, ini bisa menjadi cara alternatif mengetahui kesehatan seseorang. Sebetulnya tujuan ini bagus, pengguna bisa mengetahui kondisi kesehatannya sendiri. Bisa diambil contoh seperti halnya penghitung kadar glukosa, ini akan membantu memonitoring kadar glukosa bagi penderita diabetes. Namun hal ini sepertinya tidak akan merata di semua kalangan karena untuk gadget seperti smartwatch ini, pihak produsen mematok harga yang sulit di jangkau oleh beberapa kalangan. Sehingga minat masyarakat kurang terhadap smartwatch untuk kesehatan.

Speaker                      : Kak M Dani Saputra

Team Redaksi      : Kak Khusnul & Ridwan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *