[Student Speak Up 16] Ini Dia Situs untuk Pantau Banjir Jakarta!

Kota Jakarta identik dengan banjir. Atau banjir yang identik dengan Jakarta?

Beberapa waktu lalu, hujan besar mengakibatkan sejumlah kawasan di Jakarta dan sekitarnya mengalami musibah banjir. Untuk kamu yang terjebak banjir, sekarang bisa lebih mudah memantau banjir melalui internet. Badan Penelitian dan Penerapan Teknologi (BPPT) melalui situs neonet.bppt.go.id/banjir memungkin pengunjung untuk memonitoring keadaan sejumlah wilayah yang terendam banjir, atau jalan yang terpaksa tak bisa dilalui karena terendam banjir.

Situs ini bisa dibilang sangat lengkap. Apalagi dengan tambahan pencitraan detilnya terhubung dengan layanan Google Maps. Pengunjung situs ini juga bisa memantau keadaan beberapa bendungan air berada di Jakarta dan sekitarnya, seperti bendungan Katulampa, Pesanggarahan dan Manggarai.Peta pun bisa dilihat dengan lebih terperinci dengan tematik peta, karena kemampuannya yang dapat melihat hingga ke kota atau kabupaten di Jakarta.

Fitur standar seperti prakiran cuaca pun dapat dilihat hingga beberapa hari ke depan. Secara keseluruhan, situs ini cukup lengkap, informatif, dan dapat dinavigasi dengan mudah. Sehingga siapapun tidak akan keselulitan untuk mengakses informasi banjir di Jakarta ini.


[box type=”shadow”]

Sumber : http://inet.detik.com/read/2014/01/21/160347/2473734/398/pantau-banjir-jakarta-lewat-situs-ini < Pantau Banjir Jakarta Lewat Situs Ini >


[/box]

Kak Khusnul Khotimah :

“Saat Jakarta mengalami kebanjiran tidak sedikit dari warga yang merasa kesusahan untuk keluar rumah, baik untuk sekolah, kerja bahkan untuk pergi berwisata. Saat terjebak banjir ini, ada salah satu situs yaitu neonet.bppt.go.id/banjir.

Menutut saya pribadi, situs ini sangat bermanfaat karena dapat membantu anda dalam memantau banjir, bahkan dapat mengetahui letak dimana saja daerah yang sedang mengalami banjir. Dengan situs ini pun, kita juga bisa memantau cuaca sampai beberapa hari kedepan, sehingga jika kita akan pergi dikawasan Jakarta sudah bisa mengetahui dimana saja daerah yang hujan maupun tidak. Jadi bisa jaga-jaga untuk membawa payung atau tidak. 😀

Kalau Saya bilang, situs ini sangat berpengaruh dengan banjir yang terjadi karena selain dapat membantu memantau perkembangan banjir,  warga di Jakarta juga dapat mengetahui dan waspada akan banjir yang terjadi.

Seperti yang sudah disebutkan, kelebihan situs ini terletak di kelengkapan infomasinya. Kerennya lagi, ternyata situs ini juga dapat mengetahui di jalan mana saja yang lancar, tersendat bahkan mengalami macet. Peta pun bisa dilihat dengan lebih terperinci dengan tematik peta, karena kemampuannya yang dapat melihat hingga ke kota atau kabupaten di Jakarta. Untuk kekurangan dari situs ini yaitu hanya bisa memantau banjir yang terjadi di Jakarta dan sekitarnya saja, tidak dengan kota-kota lain seperti Yogyakarta.

Sebaiknya situs ini ditambahkan fasilitas untuk mengetahui banjir di seluruh Indonesia, bukan hanya di Jakarta saja, sehingga penduduk selain dari wilayah Jakarta dapat waspada dan mempersiapkan dirinya sebelum banjir datang.”

Team Redaksi : Kak Retno Tri Wulandari dkk
Speaker : Kak Khusnul Khotimah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *