[Student Speak Up 20] Microsoft Hadirkan Office Online

Microsoft telah membawa aplikasi produktivitasnya, Office, ke internet sejak lama. Layanan yang bisa diakses melalui internet tersebut diberi nama Office Web Apps. Namun, belakangan ini Microsoft merombak namanya menjadi lebih sederhana dan mudah dimengerti.
Blog resmi Office pada Rabu (19/2/2014), Microsoft menjelaskan bahwa perubahan tersebut untuk menghilangkan kebingungan penggunanya. Menurutnya, nama Office Web Apps terlalu rumit dan membingungkan. Saat menyebut Office Web Apps, pengguna mungkin akan bertanya-tanya, apakah itu sebuah produk lain Microsoft, apakah mereka sudah meng-install-nya di PC mereka atau harus mengunduh aplikasinya terlebih dahulu untuk bisa menggunakannya. Karena itu, Microsoft menyederhanakan nama Office Web Apps yang kini disebut Office Online. Sederhananya, ini adalah versi online dari Microsoft Office. Pengguna tidak butuh meng-install atau mengunduh aplikasi, yang mereka butuhkan hanyalah web browser.
Layanan Office Online dari Microsoft selama ini memang belum diketahui banyak orang karena tersembunyi di balik layanan cloud OneDrive, nama baru untuk SkyDrive yang juga baru diperkenalkan Microsoft. Sebelumnya, pengguna harus mengakses OneDrive dengan akun Microsoft mereka terlebih dahulu untuk membuat atau membuka dokumen. Kini, pengguna cukup membuka situs Office.com dan langsung bisa menggunakan versi online dari Word, Excel, PowerPoint, dan OneNote secara gratis. Syaratnya, pengguna wajib menggunakan akun layanan Microsoft, Outlook, atau Hotmail. Fitur Office Online tersebut kini diletakkan di halaman depan sehingga mempertegas layanan apa saja yang diberikan Microsoft.
Microsoft juga menambahkan fasilitas App Bar di bagian atas untuk beralih antara layanan Outlook.com, OneDrive, atau Word, Excel, PowerPoint, dan OneNote Online dengan mudah. Dengan proses rebranding tersebut, Microsoft siap bersaing dengan Google Drive yang juga memiliki fungsi yang serupa, yaitu tool produktivitas yang tersimpan dalam komputasi awan.

Menurut kak Muhammad Nur Isa Roechan atau akrab dipanggil Reza, dengan adanya inovasi terbaru dari Microsoft yang telah meluncurkan office online ini untuk kedepannya sangatlah bagus dan sangat membantu pekerjaan orang yang suka berpergian tapi bisa sambil bekerja dengan office tanpa perlu memikirkan membawa laptop pribadi mereka,karena di rancang sesimple mungkin sehingga orang tidak perlu ribet membawa-bawa laptop mereka.
Saya yakin respon dari masyarakat pasti sangatlah senang dengan adanya tools baru ini,karena pada dasar nya manusia pun ingin yang simple,cuma yang kurang dari pihak Microsoft adalah kurangnya sosialisasi dengan produk baru mereka karena sepertinya masih banyak orang masih belum mengerti dan tahu dengan adanya produk baru ini.
Saya lebih baik memilih office online ,bagaimanapun juga bila office online berbayar pun saya akan tetap memilih office online tapi untungnya disini dari pihak Microsoft malah menggratiskan produk baru nya yang ini untuk dinikmati free oleh masyarakat.Nah,kenapa saya lebih suka yang office online ? Oke ,gini..pertama,saya lebih suka yang simple-simple,dalam arti gag mau ribet bawa ini dan itu jadi dimanapun kita berada bila ingin memakai office tidak usah ribet membawa-bawa laptop kita kesana-kemari,kita hanya tinggal mencari koneksi lalu bisa memakai office online ini,dan bila ingin menyimpan pun saya lebih suka menyimpan file-file tersebut di suatu media penyimpanan online seperti dropbox,google drive,dll jadi gag perlu membawa flashdisk dan alat dalam bentuk fisik.Kedua, produk ini pun juga gratis jadi lebih baik memakai yang gratis dan resmi dari pada memakai office offline yang berbayar dimana kebanyakan kita pun tidak mau membeli lisensinya (sering memakai yang versi crack) yang tidak resmi dan melanggar suatu hak cipta.
Harapan saya dengan munculnya office online ini untuk kedepannya supaya muncul-muncul inovasi baru lagi yang menjadikan semua aplikasi computer seperti adope photoshop,corel draw,Borland C++,dll menjadi serba online sehingga suatu saat nanti untuk sebuah laptop bisa lebih sederhana lagi dan hanya berisi system operasi dan web browser nya saja jadi bila ingin memakai aplikasi langsung bisa online tanpa perlu install dan lain-lain.

Link berita: http://tekno.kompas.com/read/2014/02/23/1133053/Gratis.Office.Online.Siap.Saingi.Google.Drive%5D

Tim Redaksi: Kak Ridwan Riyanto & Kak Khusnul Khotimah
Speaker: Kak M. Nur Isa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *