[STUDENT SPEAK UP 46] Pemerintah Bakal Kenakan Tarif Pajak untuk “Jualan di Media Online”

Dalam segi pemasukan keuangan, mungkin cukup berpengaruh. Salah satu penyebab utamanya karena Indonesia juga merupakan salah satu negara dengan “netizen” atau pengguna internet terbanyak didunia. Ini menimbulkan ladang bisnis bagi jasa penyedia internet dan sebagainya.

Untuk itulah mengapa para penyedia jasa ini atau biasa disebut “ISP” sangat gencar dalam mempromosikan produknya berupa paket internet untuk masyarakat di Indonesia. Oleh sebab itu, saat ini, pengguna internet/ “netizen “ di Indonesia, selain sering menggunakan fasilitas “internet” sebagai konsumsi setiap harinya, juga pasti ada sebagian lain “netizen” yang memanfaatkan media internet sebagai media online. Guna untuk mendapatkan pundi-pundi uang, atau bekerja secara online dengan media online salah satunya media sosial.

Namun, faktanya, orang-orang yang bekerja di sini atau biasa disebut “seller online shop”, adalah profesi baru yang juga masih mempunyai banyak kekurangan,misal, soal gaji, yang didapat biasanya dari sistem, endorse, keuntungan dari penjualan barang, selisih harga, juga masalah tentang biaya pengiriman.

Sehingga, menurut saya, wacana ini, belum tepat karena beberapa hal diatas, walaupun secara teori pemasukan keuangannya, sangat cukup menjanjikan jika dilihat dengan fakta diatas.

gambar2

Mahasiswa UTY
Febri Wisnu F. (TI B/2015)
mengatakan :

 “ Saya sebagai mahasiswa UTY yang memang biasanya juga nyambi berjualan entah secara online/offline dan skala kecil/besar merasa kalau untuk penempatan pajak untuk usaha kecil-kecilan kurang. tepat.

Karena memang pendapatannyapun juga tidak menentu, dan mempunyai pelanggan yang tidak tetap.

 Namun untuk online shop berskala besar, baru sesuai. beberapa online shop yg ramai sekarang biasanya jika hanya dipasarkan melalui toko offline sekiranya kurang mendapatkan pelanggan, tdk sebanyak melalui media online/ media sosial. ”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *