[STUDENT SPEAK UP 47] SemiCode OS : Distro Linux Khusus Buat Kamu Para Programmer dan Web Developer

SemiCodeOS

Linux merupakan sebuah Sistem Operasi berbasis open source yang sangat terkenal dengan berbagai varisi distronya. Setiap distro pada Linux memiliki konfigurasi dan kegunaannya masing-masing, ada yang digunakan untuk hacking, multimedia dan gamming. Namun diantara banyaknya distro Linux tidak banyak yang dikhususkan untuk keperluan programming, hal ini mungkin dikarenakan sudah banyaknya tools yang dapat didownload untuk keperluan programming sehingga tidak diperlukannya lagi sebuah sistem operasi yang memang dikhususkan untuk keperluan programming.

Namun tidak dapat dipungkiri bahwa semakin banyaknya tools programming yang ada membuat kebutuhan akan sebuah sistem operasi yang memang dikhususkan untuk keperluan programming memang dibutuhkan.

Oleh karena itu telah dibuat sebuah sistem operasi variasi Linux yang memang dikhususkan untuk keperluan programming, distro ini bernama SemiCode OS yaitu sebuah distro Linux yang dibuat khusus untuk para programmer dan Web Developer. Berbagai compilers sudah tersedia didalam distro ini. Setelah menginstall distro ini kamu hanya perlu membuka code editor favoritmu karena semuanya sudah terininstall secara otomatis saat kamu menginstall distro ini.

 

Fitur-Fitur SemiCode OS

Developer Tools

Untuk developer tools anda sudah tidak perlu repot-repot menginstal tools lagi karena SemiCode OS sudah dilengkapi / preinstall dengan berbagai macam pilihan IDE, compiler, maupun teks. Beberapa tools editor tersebut diantaranyan adalah Eclipse, MonoDevelop, BlueFish, Atom, Ninja IDE, Brackets, Emacs, dan Sublime Teks. Selain itu juga SemiCode OS juga sudah preinstall dan pre-konfigurasi LAMPP STACK yang dapat digunakan sebagai tempat testing kode di webmaster

semicode-os

Dalam hal compiler SemiCode OS menyediakan Rubby Compiler, .NET, dengan Mono Runtime , Open JDK untuk Java. Di sisi lain SemiCode OS juga dilengkapi dengan Git dan Slack untuk memudahkan managemen dan komunikasi pada kode yang dibuat. Dilengkapi pula dengan Scratch IDE yang ditunjukan bagi kamu yang ingin memulai belajar coding  dari awal.

semicode-os-scratcg

Sarah : Virtual Assistant

Layaknya seorang asisten, layaknya Siri / Cortana, Sarah dapat mengeluarkan informasi apa saja yang kamu butuhkan. Sarah hanya menggunakan username dan tidak menyimpan informasi pribadimu.

semicode-os-sarah

Search Engine

SemiCode OS menggunakan DuckDuckGo sebagai search engine bawaan / deafult. Dengan DuckDuckGo kamu tidak perlu lagi khawatir privasimu terusik saat browsing atau berselancar di dunia maya.

Duck-DuckGo 

Tertarik Menggunakan SemiCode OS ?

Penulis tidak menyarankan jika kamu ingin menggunakan SemiCode OS sebagai sistem operasi utama pada PC kamu, karena SemiCode OS masih dalam versi beta dan masih terdapat banyak bug sehingga perlu dikembangkan lagi. Sampai saat ini SemiCode OS telah mencapai versi 0.1 Beta. Namun bagi kalian yang tertarik menggunakannya atau sekedar ingin mencobanya, kalian dapat langsung di download disini atau di web resminya yaitu “www.semicodeos.com”. Untuk dapat menjalankan SemiCode OS, spesifikasi minimal PC mu yaitu 1 Ghz CPU Single Core, 1.5 GB RAM, 20 GB  sisa penyimpanan, dan resolusi layar 800 x 600­­.

 

Source : SemiCode OS

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *