January 16, 2017

Pendaftaran Lomba HI-MAC

 

header web (2)

- HI-MAC (HIMATIKA MOVIE AND APPLICATION COMPETITION) -

Event ini dibuat bertujuan untuk mengoptimalisasi penggunaan teknologi sebagai sarana kreatifitas, menciptakan generasi muda yang produktif menggunakan teknologi, mengenalkan Universitas Teknologi Yogyakarta kepada Sekolah Menengah Kejuruan se Yogyakarta, dan memberi motivasi kepada generasi muda untuk berkarya melalui teknologi. Dalam event tersebut terdapat 3 perlombaan, diantaranya : Lomba Aplikasi, Lomba Film Pendek, Lomba Website. Untuk syarat dan ketentuan sebagai berikut :

Lomba Aplikasi

Ketentuan Lomba Aplikasi

  • Lomba dilaksanakan tanggal 6 februari s/d 6 maret 2017
  • Pendaftaran dibuka tanggal 27 januari s/d 25 februari 2017
  • Pendaftaran dapat dilakukan dengan mengisi formulir online (Sudah ditutup)
  • Peserta merupakan kelompok yang terdiri dari 2-5 orang mahasiswa aktif di tahun ajaran 2016-2017
  • Satu pesrta hanya boleh terdaftar menjadi anggota pada tepat satu tim
  • Peserta diwajibkan membayar biaya pendaftaran sebesar Rp. 100,000,- per-tim kepada pihak yang ditunjuk HIMATIKA.
  • Pembayaran melalui via transfer ke no.rekening BANK BRI 0409-01-013563-50-4 Atas Nama Rusma Eko Fiddy Rizarta.
  • Peserta mengirimkan proposal yang berisi desain dan gambaran umum program yang akan dibuat.
  • Batas akhir pengiriman proposal adalah tanggal 25 februari 2017 pukul 23.59 WIB
  • Proposal dikirim dalam bentuk PDF dengan format nama file “hi-mac2017_aplikasi_proposal_[nama perguruan tinggi]_[nama tim].pdf”
  • Proposal dikirim melalui link yang akan diberikan panitia
  • Karya aplikasi akhir yang dikumpulkan pada panitia merupakan karya orisinil kelompok
  • Aplikasi dapat dibuat bebas menggunakan tools dan bahasa pemrograman apapun
  • Aplikasi harus dapat berjalan di salah satu platform windows desktop, mobile android, atau web browser terbaru
  • Peserta mengirimkan file aplikasi akhir yang dapat berjalan dan dikompresi dalam bentuk file *.zip ke alamat link yang akan diberikan panitia
  • Nama file kompresi aplikasi dibuat dalam format “hi-mac_aplikasi_akhir_[nama perguruan tinggi]_[nama tim].zip”
  • Batas akhir pengumpulan file aplikasi adalah tanggal 4 Maret 2017 pukul 23.59 WIB
  • Panitia memiliki hak untuk mendiskualifikasi tim yang terbukti melakukan kecurangan dalam bentuk apapun
  • Satu tim hanya dapat mengumpulkan tepat satu aplikasi
  • Aplikasi yang dikumpulkan tidak boleh mengandung unsur SARA, pornografi dan hal-hal yang tidak pantas untuk dipublikasikan
  • Aplikasi yang dikumpulkan harus sesuai dengan tema dan ketentuan dari panitia
  • Aplikasi akhir akan dinilai oleh tim juri yang terdiri dari tiga orang pakar TI
  • Penjurian akan dilaksanakan pada tanggal 6-10 maret 2017 untuk menentukan lima tim yang akan melanjutkan ke babak presentasi
  • Babak presentasi akan dilaksanakan pada ruang sidang kampus 1 universitas teknologi yogyakarta pada tanggal 11 maret 2016
  • Setiap tim akan diberikan waktu maksimal 15 menit untuk mempresentasikan aplikasi akhir yang telah dibuat
  • Konten presentasi harus memuat desain tampilan, tujuan aplikasi, dan fitur yang disediakan
  • Setelah presentasi, akan ada sesi tanya jawab dari tim juri dengan durasi maksimal 15 menit
  • Tim yang berhasil lolos ke babak presentasi namun tidak hadir pada sesi presentasi akan dianggap mengundurkan diri
  • Pemenang terbagi dalam 3 besar.
    • Juara I   : Rp 1.200.000,-
    • Juara II  : Rp    900.000,-
    • Juara III : Rp    600.000,-

Lomba Film Pendek

Teknis Umum Lomba

  1. Lomba dibuka untuk Mahasiswa aktif UTY (Kampus 1, 2, dan 3)
  2. Tema Film dalam lomba adalah “ Pendidikan “
  3. Film yang dibuat adalah original dari mahasiswa UTY.
  4. Hasil Film tidak mengandung unsur SARA ( suku , agama , ras , dan antargolongan tertentu )
  5. Film bukan berbentuk “animasi” (baik animasi 2D/3D dsb.)
  6. Tahun produksi film adalah sesuai ketentuan dari durasi lomba film pendek.
  7. Film belum pernah mendapatkan penghargaan apapun & diikutsertakan dalam lomba sejenis.
  8. Setiap Tim hanya dapat mengirimkan satu buah karya.
  9. Membawa unsur UTY (bisa latar belakang atau sebagainya, tidak berbau KRITIKAN)

Teknis Karya Film

  1. Durasi Film 5 – 10 Menit.
  2. Karya film dalam bentuk keping CD/DVD yang telah diburning dengan format file AVI. atau .MKV.
  3. Resolusi karya 720p atau 1020p.

Prosedur Pendaftaran

  1. Memfollow akun media sosial (Twitter, Instagram, dan Facebook) HIMATIKA UTY.
  2. Mensuscribe akun Youtube HIMATIKA UTY (tidak diwajibkan).
  3. Mengisi formulir pendaftaran online di https: bit.ly/himac_movie
  4. Peserta diwajibkan membayar biaya pendaftaran sebesar Rp. 70,000,- per-tim kepada pihak yang ditunjuk HIMATIKA di stand lobby 1 kampus 1.
  5. Pembayaran melalui via transfer ke no.rekening BANK BRI 0409-01-013563-50-4 Atas Nama Rusma Eko Fiddy Rizarta.

Prosedur Pengiriman Karya

  1. Peserta yang telah melengkapi seluruh syarat pendaftaran, dan telah mendapatkan konfirmasi pendaftaran oleh Admin / pemberitahuan resmi dari Himatika UTY.
  2. Peserta mengirimkan berkas karya yang berisi :
    • Keping CD/DVD yang telah diberi Cover.
    • Bukti Pembayaran.
    • Data diri tambahan (jika diperlukan).
  3. Berkas karya dikirim ke stand lomba Himatika UTY di lobby lantai satu atau dengan menghubungi Contact Person HIMATIKA UTY pada lomba film.

Tahapan Proses Lomba

  1. Tanggal 27 Januari – 6 maret, proses pendaftaran lomba dan terakhir mengumpulkan FILM.
  2. Tanggal 10 Februari – 5 Maret, proses pembuatan film pendek.
  3. Tanggal 6 Maret batas waktu 12.00 WIB, proses pengumpulan karya.
  4. Tanggal 11 Maret, pengumuman pemenang lomba. Peserta diharapkan hadir/perwakilan tim dan menyampaikan konsep film yang telah dibuat.
  5. Pemenang terbagi dalam 3 besar.
    • Juara I   : Rp  750.000,-
    • Juara II  : Rp  500.000,-
    • Juara III : Rp  300.000,-
      *hadiah sesuai jumlah peserta
  6. Keputusan dewan juri mutlak dan tidak dapat diganggu gugat.

Kriteria Penilaian Lomba

  1. Keterkaitan dengan “Tema” dalam lomba.
  2. Kreativitas dan Originalitas.
  3. Penilaian dalam peran atau tokoh didalam film.
  4. Kualitas pengambilan gambar dan kualitas audio.
  5. Amanat yang disampaikan dalam film pendek tersebut.
  6. Penilaian lomba bersifat tertutup dan dinilai oleh pihak-pihak, meliputi :
    • Internal Panitia Lomba
    • Tim UTY
    • Eksternal : pakar sinematografi (perfilman) lokal.
    • Jika ada : jurnalis swasta

Lomba Website

Ketentuan Lomba Website

  • Lomba dilaksanakan tanggal 6 februari s/d 6 maret 2017
  • Pendaftaran dibuka tanggal 27 januari s/d 25 februari 2017
  • Pendaftaran dapat dilakukan dengan mengisi formulir online (Sudah ditutup)
  • Peserta merupakan kelompok yang terdiri dari 2-5 orang siswa SMK aktif di tahun ajaran 2016-2017
  • Satu siswa hanya boleh terdaftar menjadi anggota tepat satu tim
  • Peserta diwajibkan membayar biaya pendaftaran sebesar Rp. 100,000,- per-tim kepada pihak yang ditunjuk HIMATIKA.
  • Pembayaran melalui via transfer ke no.rekening BANK BRI 0409-01-013563-50-4 Atas Nama Rusma Eko Fiddy Rizarta.
  • Peserta mengirimkan proposal yang berisi desain dan gambaran umum website yang akan dibuat.
  • Batas akhir pengiriman proposal adalah tanggal 25 februari 2017 pukul 23.59 WIB
  • Proposal dikirim dalam bentuk PDF dengan format nama file “hi-mac2017_web_proposal_[nama SMK]_[nama tim].pdf”
  • Proposal dikirim melalui link yang akan diberikan panitia
  • Karya website akhir yang dikumpulkan pada panitia merupakan karya orisinil kelompok
  • Peserta mengirimkan file website akhir dalam bentuk file *.zip ke alamat link yang akan diberikan panitia
  • Nama file website akhir dibuat dalam format “hi-mac_web_akhir_[nama SMK]_[nama tim].zip”
  • Batas akhir pengumpulan file website akhir adalah tanggal 4 Maret 2017 pukul 23.59 WIB
  • Panitia memiliki hak untuk mendiskualifikasi tim yang terbukti melakukan kecurangan dalam bentuk apapun
  • Satu tim hanya dapat mengumpulkan tepat satu website
  • Website yang dikumpulkan tidak boleh mengandung unsur SARA, pornografi dan hal-hal yang tidak pantas untuk dipublikasikan
  • Website yang dikumpulkan harus sesuai dengan tema dan ketentuan dari panitia
  • Website akhir akan dinilai oleh tim juri
  • Tim juri terdiri dari tiga orang pakar IT
  • Penjurian akan dilaksanakan pada tanggal 6-10 maret 2017 untuk menentukan lima tim yang akan melanjutkan ke babak presentasi
  • Babak presentasi akan dilaksanakan pada ruang sidang kampus 1 universitas teknologi yogyakarta pada tanggal 11 maret 2016
  • Setiap tim akan diberikan waktu maksimal 15 menit untuk mempresentasikan website akhir yang telah dibuat
  • Konten presentasi harus memuat desain tampilan, tujuan website, dan fitur yang disediakan
  • Setelah presentasi, akan ada sesi tanya jawab dari tim juri dengan durasi maksimal 15 menit
  • Tim yang berhasil lolos ke babak presentasi namun tidak hadir pada sesi presentasi akan dianggap mengundurkan diri.
  • Pemenang terbagi dalam 3 besar.
    • Juara I   : Rp 1.200.000,-
    • Juara II  : Rp    900.000,-
    • Juara III : Rp    600.000,-

CATATAN PENTING :

JIKA KUOTA TIDAK TERPENUHI, MAKA PANITIA BERHAK MENGUBAH TOTAL HADIAH YANG TERTERA.

LINK KONFIRMASI PEMBAYARAN (Semua Lomba) :

(bit.ly/himac_konfirmasi)


 

Informasi kepada seluruh mahasiswa Universitas Teknologi Yogyakarta bahwa Website ini menyediakan forum untuk sharing seputar kegiatan lintas jurusan, trending topic, perkembangan kampus, lomba atau tugas-tugas yang ada di UTY.

Yukkk Manfaatkannnn !

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *